Membuat artikel blog yang baik dan benar

Posted on | January 16, 2013 | No Comments

Menulis Artikel


Kita pasti pernah membaca dan mendengar "Berbahasalah indonesia yang baik dan benar".Meskipun kalimat itu di anggap sepele,tetapi kalau di pikirkan dengan benar tentu akan berarti.

Apa artinya kalimat di atas?

Bahasa adalah salah satu sarana komunikasi yang bertujuan agar dapat di mengerti oleh orang lain.Banyak suku dan ragam bahasa di indonesia,meskipun berbicara menggunakan bahasa yang sama akan tetapi dalam prakteknya pasti akan terlihat perbedaannya seperti pada dialek atau aksen.Meskipun demikian,jika bahasa yang di gunakan sesuai konteks dan aturan yang telah di buat,tentu akan mudah di pahami.

Nah,disini saya menyinggung masalah bagaimana membuat tulisan yang baik dan benar blog?

Membuat tulisan atau artikel bukan hanya terletak pada  konten yang di sampaikan,tetapi juga harus memperhatikan cara penulisan,misalnya:Font size,Paragraf,koma dan lain-lain.Sehingga apabila penulis memperhatikan cara menulis yang baik dan benar maka tulisan yang mereka buat tentu akan mudah di cerna atau mudah di pahami.Lain halnya jika membuat tulisan dan bahasa yang serampangan,maka hasilnya tentu tidak menarik dan tidak enak di baca maupun di dengarkan.

Membuat tulisan dengan bahasa yang baik dan benar bukan berarti menggunakan bahasa yang kaku.Buatlah tulisan seperti anda sedang mengobrol atau mengeluarkan uneg-uneg,tetapi bahasa dan aturan penulisan harus anda perhatikan,Misalnya,anda menulis kata "BANG" tetapi maksud anda adalah "BANK",kalimat yang terlalu panjang.......terus kapan berhentinya?Berilah tanda koma(,) atau tanda titik (,)  biar pembaca bisa mengambil nafas ketika membaca artikel anda.
Melihat gaya penulisan dan cara kita menulis,pembaca bisa tahu siapa diri kita,seberapa luas wawasan dan pengetahuan yang kita miliki.Hanya pembaca yang bisa menilai diri kita,meskipun mereka hanya membaca sepenggal kalimat.

Untuk membuat tulisan kita terlihat rapi dan menarik di blog adalah:
  1. Buatlah heading,subheading jika perlu.
  2. Buatlah beberapa paragraf jika artikel tersebut panjang.
  3. Buatlah font,fonsize jika di perlukan.
  4. Buatlah numeric list atau bullet list jika anda membuat kalimat perintah atau pentunjuk.
  5. Buatlah link atau tautan.
  6. Masukan gambar sebagai alat pendukung jika perlu.
  7. Jangan lupa titik dan koma.

Dengan membuat tulisan yang baik dan benar,maka tentu pengunjung atau pembaca blog anda akan senang dan betah membaca isi blog anda.
Terima kasih Anda telah membaca artikel Membuat artikel blog yang baik dan benar, Mencuri konten adalah melanggar hak cipta,baca PRIVACY POLICY,Jika anda memiliki saran dan kritik silakan tinggalkan komentar atau Kontak Kami.

Related Post



Comments

Leave a Reply

Search This Blog

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Popular Post

Recent Post

Protected by Copyscape DMCA Copyright Search