Melindungi Konten Blog dari Plagiat

Posted on | January 24, 2013 | 1 Comment

Bagaimana caranya melindungi Blog dari pencuri konten?

Pencurian konten adalah salah satu masalah utama yang di alami oleh setiap pengguna blogger.Menurut saya itu adalah normal,akan tetapi tergantung dari konten apa yang mereka ambil.Jika blog yang di buat memberikan informasi tentang tutorial dimana dalam tutorial tersebut memberikan kode-kode yang harus di salin,tentu itu adalah wajar.Akan tetapi jika semua konten blog di salin untuk di terbitkan di blog mereka,maka itu sudah melanggar hukum hak cipta.
Meskipun demikian,sangatlah sulit untuk mencegah konten blog di salin oleh mereka-mereka yang malas membuat tulisan sendiri (Plagiat).Mencuri konten blog adalah masalah besar,mengapa?..Karena sebagian besar konten blog hasil dari copy paste akan mempunyai kesempatan untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di dalam hasil pencarian google di bandingkan oleh konten blog yang mereka salin.Jadi sudah jelas,anda akan kehilangan banyak traffic yang mengarah ke blog anda.Hala ini bisa di ibaratkan bahwa andalah yang mencuri konten blog.

Mengapa kejadian itu buruk bagi blog anda?

Anda harus menyadari bahwa dampak (implikasi) dari konten yang di salin oleh blog/situs lain akan mengakibatkan peringkat blog anda turun.Hal ini sudah jelas bahwa seorang plagiat tidak akan memberikan link kredit atau sumber konten,sehingga akan membuat SEO blog cenderung turun.Kenapa demikian? Karena Google mengangap bahwa konten blog anda adalah duplikat.Jadi ini besar kemungkinan blog anda akan kehilangan sumber lalu lintas dan akan mendapatkan hukuman karena di anggap sebagi plagiat.


Bagaimana caranya mengetahui konten yang di curi?

Saat ini banyak layanan web yang tersedia yang dapat mendeteksi duplikat konten.Kalau saya pribadi lebih senang menggunakan Copyscape (http://copyscape.com/),meskipun mereka menawarkan program pro berbayar tetapi saya lebih suka yang gratis.Copyscape secara teratur akan memeriksa konten blog anda untuk menemukan blog/situs mana yang sama dengan konten blog anda secara sistematis.Jadi dengan begitu anda dapat mengetahui siapa yang telah mencuri konten anda.

Di bawah ini ada beberapa layanan web yang dapat anda gunakan untuk mengatasi plagiat:
  • http://plagiarisma.net/
  • http://www.copygator.com/
  • http://www.articlechecker.com/
  • http://www.plagium.com/
Alternatif lain untuk mengetahui apakah konten blog di salin atau tidak,anda dapat menyalin beberapa kalimat dari artikel yang telah anda terbitkan dengan (tanda kutip) di mesin pencarian google.


Memerangi pencuri konten blog adalah wajar,agar mereka tahu bahwa mencuri ide orang lain itu salah.Sebenarnya saya tidak mempersalahkan mereka menyalin konten jika mereka mempunyai etika,Seperti memberikan link back atau sumber dimana mereka dapatkan konten tersebut.Alhasil jika semua pengguna seperti itu pasti blog saya akan aman meskipun banyak pengguna yang lain telah menyalin konten saya karena merekan memberikan link kepada blog saya.

Menambahkan logo anti copy paste,membuat Privacy Policy,membuat tulisan "Dilarang menyalin artikel tanpa memberikan kredit/sumber laman" merupakan usaha agar mereka bisa menjadi seorang blogger senjati (No copy,No plagiat) dan menunjukan bahwa konten anda tidak di izinkan untuk di salin.Akan tetapi jika pendekatan pertama gagal,maka tindakan tegas harus segera di ambil.


Menurut saya,jika peringatan yang telah di sampaikan tetap saja di langgar,maka ini bisa di atasi dengan melibatkan pihak terkait seperti DMCA.Setelah mengumpulkan bukti-bukti yang cukup yakni bahwa anda adalah penulis yang asli,maka anda dapat melaporkan pencuri konten tersebut.

Banyak kejadian pencurian konten yang sampai di bawa ke badan hukum setelah bukti kuat bahwa telah terjadi pencurian hak cipta,meskipun begitu saya tidak menyarankan kepada anda untuk menyewa pengacara untuk menyelesaikan masalah yang anda hadapi karena saya tidak berfikir sampai di situ.Saya lebih senang melaporkan masalah pencurian konten kepada google,dimana jika laporan yang saya ajukan diterima,maka blog/situs yang menyalin atau mencuri artikel saya akan di hapus.

Laporkan pencuri konten blog


Sebagian besar hosting service mempunyai kebijakan yang ketat terhadap pelanggaran hak cipta dan mereka akan mencatat setiap situs untuk bertanggung jawab terhadap pelanggaran yang di lakukan.Jika anda tidak tahu tentang undang-undang hak cipta,baiklah saya beritahu bahwa konten yang anda tulis sendiri dan yang anda pasang di blog secara otomatis adalah Hak Cipta.Ini adalah kekayan intelektual yang anda milikidan siapa saja tidak dapat menyalin tanpa seizin anda karena jika itu dilakukan berarti telah melanggar hukum hak cipta.Seperti yang saya tegaskan di atas,tempatkan simbol-simbol © sebagai hak cipta anda sebagai peringatan bahwa konten ini tidak tersedia untuk di salin.

Jika anda berfikir bahwa konten anda yang di salin telah digunakan oleh plagiat untuk menghasilkan uang (Adsense) sebaiknya laporkan masalah tersebut ke google.Google memiliki mekanisme yang cukup ketat untuk melindungi penggunanya dan mereka cenderung akan bereaksi dengan cepat untuk mengambil tindakan jika mendapatkan laporan seperti ini.Gunakan link di bawah ini untuk melaporkan masalah anda di
  1. http://www.google.com/support/bin/request.py?contact_type=lr_dmca&product=blogger
  2. http://www.google.com/support/bin/request.py?contact_type=lr_dmca&product=adsense 

Pepatah bilang "Mencegah lebih baik daripada mengobati" ini adalah fakta bahwa mengambil tindakan untuk melindungi dari pencurian konten lebih baik daripada memerangi pencuri konten blog.
Terima kasih Anda telah membaca artikel Melindungi Konten Blog dari Plagiat, Mencuri konten adalah melanggar hak cipta,baca PRIVACY POLICY,Jika anda memiliki saran dan kritik silakan tinggalkan komentar atau Kontak Kami.

Related Post



Comments

One Response to “Melindungi Konten Blog dari Plagiat”

  1. Unknown
    August 4, 2013 at 8:44 AM

    Iya gan setuju, mencegah itu lebih baik dari pada mengobati. Ada baiknya kita berjaga-jaga sebelum karya kita di curi sepenuhnya oleh orang lain. Mohon kunjungan baliknya ya gan mwahid-21.blogspot.com. saya tunggu!!!...

Leave a Reply

Search This Blog

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Popular Post

Recent Post

Protected by Copyscape DMCA Copyright Search